Selamat Datang

Anda telah memasuki blog tentang dunia pendidikan.
Saya akan berterima kasih jika ada kawan-kawan yang meberi saran, kritik ataupun masukan untuk kemajuan dunia pendidikan.

Kamis, 13 Oktober 2011

Bahan Ajar Menyiapkan dan Mengoperasikan Peralatan Komunikasi

Bahan ajar ini mencakup tentang Bahan ajar, LKS Siswa, Kisi-kisi Soal, Soal, Pedoman Penskoran, Jawaban.
Silakan bagi yang ingin


Rancangan Bahan Ajar

Prosedur Pengeperasian alat Komunikasi

1.      Alat Komunikasi adalah suatu media atau alat Bantu untuuk menunjang kelancaran komunikasi. Sedangkan komunikasi itu sendiri sudah berkembang dengan pesatnya sesuai dengan perkembangan jaman.
2.      Alat komunikasi itu sendiri dapat dibedakan menjadi 2 bagian besar yaitu :
b.      media komunikasi berdasarkan alat yang digunakan : Audio, visual, audio visual
c.       media komunikasi berdasarkan sasarannya


1.      Prosedur Pengoperasian alat Komunikasi yang terdiri dari :
                                                                                   i.      memanggil ekstensi
                                                                                 ii.      menelepon keluar : speed dialing, manual, rapid dialing (on touch dialing).
2.      Tombol – tombol pada pesawat telephone
                       i.      Pada telephone Panasonic Model KX-38030 memiliki fasilitas-fasilitas sebagai berikut :
1.       FWD / DND (tombol call forwarding/do not disturb) : berfungsi untuk memindahkan panggilan ke ekstensi lain.
2.       Konferensi : Memanggil sekaligus berbicara pada dua / tiga orang
3.       Papan nomor telephone : Menulis nomor telephone agar mudah mengingatnya.
4.       SNR (saved number redial button)  : mengulang kembali nomor telephone yang telah disimpan di SNR
5.       LNR (Last number redial)  memutar kembali nomr yang terakhir kita tuju.
6.       Flash : Mendapatkan pilihan nada
7.       Hold : Menunda pembicaraan tanpa menutup telephone atan dapat juga menghubungkan antara penelphone satu dengan penelephone yang lain.
8.       Speakerphone : Mendengarkan lawan bicara tanpa mengangkat gagang telephone.
9.       Pause : Menghentikan pembicaraan sementara dalam telephone.
10.   Transfer : Memindahkan panggilan dan menghapus program
11.   LCD (Layar tampilan) : Menampilkan layer yang berisi nomor telephone yang dipanggil, hari tanggal, bulan tahun dan lain-lain.
12.   Kartu nomor telephone : berfungsi untuk menuliskan nomor-nomor lain.
13.  Pengatur speaker : Untuk mengatur tinggi rendahnya suara.
14.   Auto / memory : Memanggil nomor telephone yang telah deprogram.
15.   Co line : berfungsi jika ingin menelephone secara manual.
16.   Auto answer : Mesin penjawab otomatis.
17.   Intercom : Tombol ini akan menyala jika ada hubungan telephone antara ekstensi satu dengan ekstensi yang lain.
3.      Prosedur Penanganan Informasi secara lengkap dan akurat.
Untuk dapat meneruskan kepada yang kompeten atau yang dituju maka seorang operator ketika menerima telepon harus menyiapkan alat tulis dan LPT (Lembar Pesan Telepon). Apabila penelepon membuat janji temu dengan yang kompeten  maka operator harus mencatat :
1.      tanggal dan waktu menelephone
2.      identitas penelepone
3.      tanggal dan waktu perjanjian
4.      yang dituju penelepone
5.      masalah yang akan dibicarakan
6.      tempat janji temu.
4.      Menerima Informasi secara Akurat dan lengkap.
1.      Prinsip-prinsip mendengarkan
                                      i.      Prinsip motivasi
                                    ii.      Prinsip perhatian
                                  iii.      Prinsip ulangan
2.      Cara-cara mendengarkan.
                                      i.      Kesiapan mendengar
                                    ii.      Kepandaian menangkap pembicaraan
                                  iii.      Kemampuan mencatat dan mendengarkan
                                  iv.      Berpartisipasi dalam proses berbicara dan mendengar.
5.      Etika dan etiket berkomunikasi
1.      Pengertian Komunikasi
2.      Etika Komunikasi
3.      Etiket Komunikasi
6.      Menjawab panggilan telephone sesuai dengan etika dan etiket bertelepone.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam etika berkomunikasi melalui telepon, yaitu intonasi nada, kecepatan berbicara dan pengucapan bahasa, kecepatan berbicara, dan pengucapan bahasa.

ETIKA BERTELEPON
Melakukan Panggilan
Menerima Panggilan
1. Tekan nomor telepon yang dituju dan pastikan dengan benar.
2. Apabila sudah tersambung, maka ucapkan salam.
3. Sampaikan tujuan anda menelepon dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar dengan kalimat yang jelas dan mudah diapahami.
4. Atur suara jangan terlalu keras dan terlalu peran.
5. Letakkan gagang telepon + 3 cm dari mulut anda.
6. Perhatikan intonasi suara.
7. Jika telah selesai, ucapkan kembali salam.
1. Bila ada masuk jangan dibiarkan lama berdering.
2. Ucapkan salam, kemudian sebutkan nama anda.
3. Jangan berbicara keras dan jangan pula terlalu pelan.


4. Tanyakan apa yang dapat anda Bantu.
5. Jika penelepone ingin berbicara dengan kerabat atau atasan anda maka segera hubungi  orang tersebut.
6. Apa orang tersebut tidak ada maka tanyakan apakah ada pesan yang ingin dsampaikan.
7. Setelah selesai ucapkan salam dan terima kasih.
8. Setelah itu sampaikan pesan kepada yang dituju dengan tepat dan benar.
7.      Menjawab panggilan telepon dengan cepat dan tanggap.
Ada bebearapa cara yang dapat dilakukan apabila kita menjawab  atau menerima telepon masuk diantaranya :
1.                  Jangan biarkan telepon berdering lebih dari tiga kali
2.                  Angkat telepon dengan tangan kiri
3.                  Tangan kanan mengambil alat utlis untuk mencatat
4.                  Hiandari mengatakan dengan kalimat “Hallo”
5.                  Memberi salam sebutkan nama anda dan nama perusahaan anda.
6.                  Dll.
            ii.      Menggunakan catatan daftar nomor telepon pelanggan
Untuk mengetahui nomor telepon pelanggan dapat diketahui melalui :
1.      Surat pesanan pelanggan
2.      Pesanan melalui telepon]
3.      Pesanan melalui fax
4.      Pesananan melalui e-mail
5.      Pesanan melalui alat komunikasi lainnya
6.      Dafatar nasabah dari bank (melalui kerjasama)
7.      Lembaga marketing yang menyusun daftar pelanggan
8.      Surat pesanan pelanggan
9.      Buku telepon
          iii.      Prosedur Pemeliharaan pesawat telephone
1.                                                                                    Bersihkan pesat telepon dengan menggunakan alat yang sesuai.
2.                                                                                    Letakkan gagang telepon dengan benar
3.                                                                                    Sediakan kartu perawatan atau kartu perbaikan
4.                                                                                    Lakukan pemeriksaan kabel penyambung
5.                                                                                    Jika telepon mati hubungi ke bagaian teknisi perusahaan
6.                                                                                    Jika tidak bisa digunakan lagi maka hubungi petugas telekomunikasi terdekat.
          iv.        Melaporkan kerusakan telepon kepada pihak yang berwenang.
               Tahapannya adalah sebagai berikut :
1.   Operator telepon melaporkan kepada teknisi secara tertulis dengan contoh format sebagai berikut :




KARTU PERAWATAN PERALATAN

Nama / Kode ruang                            : B (Ruang Kasir)
Jenis Peralatan                                     : Pesawat telepon
Tipe dan Merk                                     : Panasonic KT-T30830
Tanggal Pembelian                             : 12 Januari 2007
Nomor Peralatan                                 : 07
Penanggung Jawab                             : Imam Prakoso

No
Tanggal
Kerusakan
Spesifikasi
Perbaikan
Biaya
Perbaikan
Komp.
Diperlukan
Hasil
Ket
1.
10 Nop
2007
Tidak ada infut suara
Service
Hand set

150.000,-
Mic Input
Baik
-









Mengetahui
Pimpinan                                               Teknisi                                   Penanggung jawab



Ahmad Amin                                       Iwan                                       Imam Prakoso




 
 






 

 

 

 

 


 


2.    Teknisi

Teknisi melaporkan lagi kepada pimpinan secara tertulis dan lisan serta melampirkan Kartu Perawatan Peralatan. Apabila kerusakan termasuk pada kerusakan non local maka teknisi harus membuat laporan kerusakan  pada dinas telekomunikasi dengan contoh sebagai berikut


No        : 21 / RA / MD IV / 07
12 April 2007


Yth. Bapak Pimpinan Telkom
Divisi Kota Balikpapan
Di tempat

Hal       : Laporan Kerusakan Jaringan Telepon

Dengan hormat,
Dari mulai hari ini, Rabu 12 April 2007 di perusahan kami :
Nama                : PT. Abuyasra Agribisnis
Alamat              : Jl. Pattimura No. 1 Balikpapan
No. Telepon      : 414543
Jaringan telepon TIDAK AKTIF.
Untuk itu mohon Bapak segera memperbaikinya karena sangat mengganggu kelancaran usaha kami.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami



Iwan

 
 

 

 

 

 















3.      Pimpinan
4.      Bagian Keuangan
5.      Bagian sarana dan prasarana

v.      Sikap-siakp yang diperlukan dalam mengoperasikan alat komunikasi. Berikut ini adalah sikap sikap yang diperlukan dalam mengoperasikan alat komunikasi yaitu :
a.       Cermat
b.      Teliti
c.       Sopat
d.      Tepat azas

    vi.            E-mail
1.Membuat e-mail
2.Menggunakan e-mail untuk pesanan barang.



1.     RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Gambar Telephone PABX
Diskripsi : Gambaran dari tombol-tombol mesin Telephone PABX
Penggunaannya :
Untuk menunjukkan keguanaan dari masing-masing tombol dari mesin Komunikasi.

2.      Gambar HP
Diskripsi : HP yang digunakan adalah HP dari masing-masing siswa
Penggunaanya :
Untuk Menelephone, sharing data melalui bluetoth dan lain-lain

2.      PC Komputer :
Diskripsi : Peralatan komputer yang ada di Lab atau Laptop dari masing-masing anak.
Penggunaannya :
Membuat e-mail untuk memudahkan komunikasi bisnis.
3.      LPT
Diskripsi : LPT Lembar Penerimaan Telephone
Penggunaannya :
Untuk Mengisi Pnerimaan Telephone yang akan disampaikan pada orang yang bersangkutan.

3.     Lembar Kegiatan Siswa (LKS)

a.    Setiap Siswa harus membuat LPT sesuai dengan contoh Format.
b.      Skenario Cerita
PT. BHAKTI NEGRI adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Industri Garmen yang berkedudukan di Jalan A. Yani No. 47 RT 20 Kelurahan Karang Rejo Balikpapan. Dengan direkturnya bernama : Ir. Agus Salim. Operator : (siswa yang melakukan kegiatan praktik). Nomor Telephone Kantor : 0542-419392. HP. 081347382064
PT. KAIN INDAH adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Industri Kain yang berkedudukan di Jalan Juanda No. 15. RT 25 Kelurahan Air Putih Samarinda dengan direkturnya bernama : Ambran, Oeprator ; (siswa yang melakukan kegiatan Praktik). Nomor Telephone Kantor : 0541-270073 HP. Direktur : 08134567890
Skenario I :
Pukul 11.00 Pak Ambran menelpon Kantor PT Bhakti Negri ingin berbicara dengan Pak Agus karena urusan Bisnis namun pak Agus ternyata tidak berada ditempat karena makan siang. Akhirnya Pak Ambran memutuskan untuk meminta operator menghubungi Pak Ambran jika pak agus telah sampai di Kantor.

Skenario II:
Pukul 11.00 Pak Ambran menelpon Kantor PT Bhakti Negri ingin berbicara dengan Pak Agus untuk urusan bisnis namun pak Agus ternyata tidak berada ditempat karena makan siang. Akhirnya Pak Ambran memutuskan untuk meminta operator agar pak Agus untuk menemui beliau di Hotel Sagita pukul 20.00 di ruang Maharani.

Kegiatan Bermain peran.
Dua orang murid berbicara lewat telephone yang satu sebagai direktur yang satu sebagai operator. Seorang Operator mencatat panggilan lewat telephone dalam LPT (Lembar Pengisian Telephone).
Jika perannya sebagai seorang direktur ; berperanlah anda benar-benar sebagai direktur jika sebagai operator maka berperanlah anda sebagai operator yang harus mencatat detil setiap informasi dalam LPT jika belum jelas tanyakan dan ulangi. Karena Informasi ini sangat berharga bagi perusahaan anda.

Masing-masing Kelompok membuat skenario cerita masing-masing dan bergantian memainkan peran.


c.      Lembar Penilaian / Assesment
a.     Kisi – kisi Soal

Mata Pelajaran                        : Produktif Pemasaran
Kelas / Semester                      : XII / 1
Standar Kompetensi               : Mempersiapkan dan mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan
Kompetensi Dasar                  : Mengoperasikan Peralatan Komunikasi

NO
Indikator
Jumlah Soal Tulis
Soal Lisan / Unjuk Kerja
Uraian
Pilihan
1.

2.

3.

4.

5.

6.
Prosedur pengoperasian alat komunikasi.
Fungsi Tombol-tombol pada pesawat telephone.
Prosedur Penangangan Informasi
Etika dan Etiket dalam berkomunikasi.
Penggunaan Nomor telephone pelanggan
Prosedur Pemeliharaan Pesawat telephone
1

1

1

1


1







1






Butir Soal :
1.                Meliputi hal apa saja etiket hubungan perusahaan dengan karyawan ?
2.                Bagaimana melakukan panggilan keluar dengan cara speed dialing!
3.                Apa yang anda ketahui tentang tombol LNR, Flash, Hold dan kartu memory ?
4.       Sebutkan apa saja yang harus dicatat jika penelepon membuat janji temu dengan yang kompeten 
5.                Bagaimana cara mencatat pesan pembicaraan?
6.                Bagaimana prosedur pemeliharaan telepon dan pelaporan kerusakan telepon?



No Saol
Jawaban
Panduan Skor
1.
·         Etiket hubungan perusahaan dengan karyawan meliputi,:
  1. Recruitment (penarikan),
  2. training (latihan),
  3. promosi atau kenaikan pangkat,
  4. transfer,
  5. demosi atau penurunan pangkat,
  6. dan Layoff (Pemutussin Hubungan Kerja)
Jumlah

0,25
0,25
0,25
0,25
0,25
0,25
        1,5
2.
·         Melakukan panggilan dengan cara speed dialing, dengan cara:
a.       gagang telepon diangkat, atau dengan cara menekan tombol peaker phone;
b.       setelah itu tekan tombol auto memory;
c.       kemudian tekan kode telepon yang dituju;
d.      setelah tersambung baru lakukan pembicaraan;
e.       setelah pembicaraan selesai, letakkan gagang telepon atau tekan tombol speaker phone.
Jumlah

0.5

0,25
0,25
0,25
0,25

       1,5
3.
·         Tombol-tombol telepon dengan fungsinya.
a.       Tombol LNR {Last Number Redial), tombol ini berfungsi untuk memutar kembali nomor terakhir yang kita tuju.
b.      Tombol Flash, tombol ini berfungsi untuk mendapatkan pilihan nada.
c.       Tombol Hold, tombol ini berfungsi untuk menunda pembicaraan tanpa menutup telepon atau memutuskan hubungan. Bisa juga digunakan untuk menghubungkan antara penelpon yang satu dengan yang lain.
d.      Kartu memory, tombol ini berfungsi untuk mencatat nomor telepon yang telah disimpan dalam speed dialing.
Jumlah

0,5

0,5

0,5



0,5

        2,0
4.
·         Yang perlu dicatat jika tamu janji temu adalah :
a.       tanggal dan waktu menelephone
b.      identitas penelepone
c.       tanggal dan waktu perjanjian
d.      yang dituju penelepone
e.       masalah yang akan dibicarakan
f.       tempat janji temu
Jumlah

0,25
0,25
0,25
0,25
0,25
0,25
         1,5

5.
·         Mencatat pembicaraan dapat dilakukan dengan cara:
a.       mencatat semua pembicaraan,
b.      Mencatat pokok pembicaraan, dan
c.       menyingkat kalimat.
Jumlah

0,5
0,5
0,5
         1,5
6.
·         Prosedur perawatan telepon dan pelaporan kerusakan telepon meliputi hal-hal sebagai berikut. :
a.       Bersihkan pesawat telepon setiap hari dengan menggunakan pengelapnya
b.      Letakkan gagang telepon dengan benar sehingga jika ada telepon yang masuk dapat diketahui.
c.       Sediakan kartu perawatan atau perbaikan.
d.      Lakukan pemeriksaan kabel penyambung telepon ke sentral /kotak telepon.
e.       Jika telepon mati atau ada kerusakan hubungi bagian teknisi peralatan di perusahaan.
f.       Teknisi perusahaan setelah mencoba memperbaikinya dan tidak diketahui solusinya, maka segera hubungi petugas telekomunikasi terdekat.
Jumlah


0,5

0,5

0,5
0,5

0,5

0,5

2,0

Jumlah skor akhir
10

Soal Unjuk Kerja.
Guru sebagai penelpon dan siswa sebagai operator dengan penilaian
1.      Instrumen Penilaian skill
No.
Aspek ketrampilan yang dinilai
SKOR
1
Etika dalam menjawab Telephon
1    2   3   4   5
2.
Kejelasan Menjawab Telepon
1    2   3   4   5
3.
Kejelasan dalam memberikan informasi
1    2   3   4   5
4.
Etika mengulang dan mencatat informasi
1    2   3   4   5
5.
Ketepatan dalam menulis dalam LPT
1    2   3   4   5

Keterangan :
1.      KURANG SEKALI
2.      KURANG
3.      CUKUP
4.      BAIK
5.      BAIK SEKALI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar