Selasa, 04 Oktober 2011

Contoh RPP Permendiknas No.41 tahun 2007

FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Versi Permendiknas No. 41 Tahun 2007


1.                 Identitas
Satuan Pendidikan                  :
Kelas/Semester                        :           /
Mata Pelajaran/Tema               :
Program/Program Keahlian     :
Jumlah Pertemuan                   :



2.                 Standar Kompetensi (SK)
Tuliskan SK sesuai silabus yang sudah disusun



3.                 Kompetensi Dasar (KD)
Tuliskan KD  sesuai silabus yang sudah disusun



4.                 Indikator Pencapaian Kompetensi
Tuliskan semua Indikator yang dikembangkan dalam silabus



5.                 Tujuan Pembelajaran
Susun Tujuan Pembelajaran sesuai dengan Indikator yang sudah disusun dengan menggunakan kriteria ABCD



6.                 Materi Ajar
Tuliskan Materi Ajar yang sudah dikembangkan menjadi Uraian Materi Ajar dan Butir-butir Materi dalam silabus



7.                 Alokasi Waktu
Tuliskan penggunaan waktu untuk setiap penggalan pertemuan.
Misalnya Pertemuan pertama untuk mencapai Indikator No. ...; ....; dan ..... Pertemuan kedua untuk mencapai Indikator No. .... Pertemuan No. .... dan .....



8.                 Metode Pembelajaran
Tuliskan metode atau strategi atau pendekatan sesuai dengan kegiatan pembelajaran dalam silabus yang sudah disusun atau sesuai dengan langkah-langkah kegiatan inti dalam kegiatan pembelajaran




9.                 Kegiatan Pembelajaran
Terdiri atas 3 (tiga) langkah:
1.      Kegiatan Pendahuluan
Tuliskan apa yang akan dilakukan guru dalam kegiatan awal, misalnya:
-    Menyampaikan tujuan atau KD
-    Menyampaikan poin-poin materi ajar
-    Memberikan ilustrasi / contoh terkait KD
-    Memberikan apersepsi
-    Dll

2.      Kegiatan Inti
Jelaskan langkah-langkah kegiatan inti pembelajaran yang meliputi proses Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi yang akan digunakan selama kegiatan pembelajaran untuk mencapai KD.
a.            Tuliskan langkah-langkah pembelajaran yang mengandung proses Eksplorasi
b.            Tuliskan langkah-langkah pembelajaran yang mengandung proses Elaborasi
c.             Tuliskan langkah-langkah pembelajaran yang mengandung proses Konfirmasi

3.      Kegiatan Penutup
Tuliskan apa yang akan dilakukan guru pada akhir pertemuan, misalnya:
-    Membuat kesimpulan/rangkuman sendiri, bersama siswa, atau meminta siswa membuat kesimpulan.
-    Memberikan tindak lanjut (Tugas, PR, Praktikum, Ulangan, Tes, dll)

10.            Penilaian Pembelajaran
Tuliskan teknik tes/nontes dan ragam tes/nontes yang akan digunakan
Buat soal tes untuk setiap indikator
Buat kunci jawaban tes atau rambu-rambu jawaban
Buat pedoman penilaian/teknik skoring



11.            Sumber Belajar
Tuliskan buku teks pelajaran (minimal 2 buah) yang akan digfinakan guru dalam pembelajaran (Pengarang, tahun, judul, kota, penerbit, nomor halaman); media atau alat pembelajaran yang akan digunakan; serta bahan-bahan yang akan digunakan.


Samarinda, ................................. 2008

Mengetahui Kepala Sekolah                                       Guru Kelas/Matapelajaran



(............................................)                                      (............................................)

5 komentar:

  1. terimakasih artikel yang sangat membantu kunjungi http://maiamatheacer.blogspot.com/
    http://maiamathzone.wordpress.com/

    BalasHapus
  2. Yth. Admin
    Pos donk rpp yg sdh jd pasti sangat membNtu kami

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya. Sangat membantu. Di tunggu contoh kongkrit nya sebagai acuan

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas informasinya. Namun, mana yang lebih spesifik penulisan indikator atau tujuan? Mengingat keduanya hampir sama. Terima kasih

    BalasHapus