Kamis, 13 Oktober 2011

Kisi-Kisi Soal Mengoperasikan Alat hitung


 Kisi – kisi Soal

Mata Pelajaran                        : Produktif Pemasaran
Kelas / Semester                      : XII / 1
Standar Kompetensi               : Mempersiapkan dan mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan
Kompetensi Dasar                  : Mengoperasikan Alat Hitung


NO
Indikator
Jumlah Soal Tulis
Soal Lisan / Unjuk Kerja
Uraian
Pilihan
1.




2.



3.


Fungsi-fungsi perhitung-an dasar dipastikan agar dapat dioperasikan dengan baik (Rasa Ingintahu)
Perhitungan diverifikasi bahwa telah akurat 100%  (Tanggung jawab)
Kerusakan alat dilaporkan kepada pihak yang ber-wenang sesuai prosedur berlaku. (Tanggung Jawab)

2





1


2







1








            Tes Formatif
1.       Apa yang anda ketahui tentang kunci konstan, pengatur titik decimal dan penghitung suku dari penjumlahan
2.       Apa fungsi dari tombol penambahan memori, tombol sub total, tombol jumlah akhir dan tombol pengali pada kalkulator elektrik?
3.       Bagaimana cara melakukan verifikasi terhadap hasil perhitungan?
4.       Kepada siapa saja harus dilaporkan mengenai kerusakan alat hitung sesuai prosedur di perusahaan?
5.       Bagaimana sikap seorang kasir yang baik saat mempersiapkan dan mengoperasikan alat hitung?







No. Soal
Jawaban
Skor
1.
- Kunci konstan ;caranya yaitu menggeser kunci ini sebelum melaksanakan perhitungan pengalian tetap atau pembagian tetap.
- Pengatur titik desimal yaitu apabila kunci ini digeser ke titik 0,2,3 atau 6, akan diperoleh secara otomatis jawaban dengan 0,2,3 atau 6 desimal.
- Penghitung suku dari penjumlahanApabila kunci ini digeser, maka banyaknya suku pada penjumlahan/pengurangan akan tercetak di kertas hitung disebelah kiri secara otomatis.

1


0,5


0,5


2
2.
-           Fungsi tombol penambah memori adalah untuk menambah bilangan dalam memori.
-          Tombol sub total untuk mendapatkan subtotal dari bilangan yang dimasukan lalu ditambah /dikurang pada subtotal tersebut.
-          Tombol jumlah akhir untuk memperoleh hasil akhir dari perhitungan untuk dicetak pada kertas.
-          Tombol pengali untuk mengalikan faktor yang sudah disiapkan.
0,5

0,5


0,5

0,5
2
3.
Upaya yang dilakukan kasir dalam memverifikasi hasil perhitungan tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.
a.       Mencocokkan apakah nilai nominal harga yang diinput pada mesin sudah sama.
b.      Apakah jumlah keseluruhan yang harus dibayar telah benar perhitungannya.
c.       Berapakah jumlah uang pembayaran yang diterima kasir.
d.      Apakah ada pengembalian uang terhadap pelanggan.
e.       Men-checklist (V) setiap item barang dan jumlah harga yang telah diverifikasi dan mencap serta menandatangani struk apabila perhitungan sudah benar.
-           


0,5

0,5

0,5

0,25
0,25



2
4.
Prosedur pemeliharaan alat di setiap perusahaan dapat berbeda-beda tergantung besar kecilnya perusahaan dan kepentingannya. Namun pada umumnya prosedur dalam pemeliharaan peralatan hitung ini melibatkan kasir, teknisi, pimpinan, bagian Keuangan, dan bagian sarana dan prasarana.

2
5.
5. Sikap seorang kasir yang baik saat mempersiapkan dan mengoperasikan alat hitung adalah cermat, teliti, bertanggung jawab, jujur, tekun, ulet, dan taat azas.

2





Bentuk soal praktek Unjuk Kerja :
Dalam suatu transaksi seorang petugas ingin menghitung berapa jumlah yang harus dibayar oleh pelanggan dengan menggunakan kalkulator.
Adapaun barang yang dibeli adalah sebagai berikut :
a.       5 bungkus beras raja lele 5 kg @ Rp. 36000,00
b.      3 pcs minyak goreng Bimoli Refill 1000 ml @ Rp 15000 Diskon 10 %
c.       20 bks supermie Instan ayam bawang  @ Rp. 1000,- Dikembalikan 5 bungkus.
Berapa jumlah yang harus dibayar oleh konsumen tersebut.

            Kunci jawaban Praktek

            5x36000=M+
            3x15000x10%-=M+
            20x1000-M+
            5x1000=M-MRC
           
1.      Instrumen Penilaian skill
No.
Aspek ketrampilan yang dinilai
SKOR
1
Cekatan dalam menggunakan Kalkulator
1    2   3   4   5
2.
Ketepatan dalam perhitungan Kalkulator
1    2   3   4   5
3.
Ketepatan dalam Pengembalian uang kepada konsumen
1    2   3   4   5
4.
Etika / sikap dalam melayani Konsumen
1    2   3   4   5
5.
Pengemasan dan Terima kasih
1    2   3   4   5

Keterangan :
1.      KURANG SEKALI
2.      KURANG
3.      CUKUP
4.      BAIK
5.      BAIK SEKALI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar