Kamis, 13 Oktober 2011

Kisi Kisi Soal Mengoperasikan Peralatan Komunikasi


a.     Kisi – kisi Soal

Mata Pelajaran                        : Produktif Pemasaran
Kelas / Semester                      : XII / 1
Standar Kompetensi               : Mempersiapkan dan mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan
Kompetensi Dasar                  : Mengoperasikan Peralatan Komunikasi

NO
Indikator
Jumlah Soal Tulis
Soal Lisan / Unjuk Kerja
Uraian
Pilihan
1.

2.

3.

4.

5.

6.
Prosedur pengoperasian alat komunikasi.
Fungsi Tombol-tombol pada pesawat telephone.
Prosedur Penangangan Informasi
Etika dan Etiket dalam berkomunikasi.
Penggunaan Nomor telephone pelanggan
Prosedur Pemeliharaan Pesawat telephone
1

1

1

1


1







1






Butir Soal :
1.                Meliputi hal apa saja etiket hubungan perusahaan dengan karyawan ?
2.                Bagaimana melakukan panggilan keluar dengan cara speed dialing!
3.                Apa yang anda ketahui tentang tombol LNR, Flash, Hold dan kartu memory ?
4.       Sebutkan apa saja yang harus dicatat jika penelepon membuat janji temu dengan yang kompeten 
5.                Bagaimana cara mencatat pesan pembicaraan?
6.                Bagaimana prosedur pemeliharaan telepon dan pelaporan kerusakan telepon?




No Saol
Jawaban
Panduan Skor
1.
·         Etiket hubungan perusahaan dengan karyawan meliputi,:
  1. Recruitment (penarikan),
  2. training (latihan),
  3. promosi atau kenaikan pangkat,
  4. transfer,
  5. demosi atau penurunan pangkat,
  6. dan Layoff (Pemutussin Hubungan Kerja)
Jumlah

0,25
0,25
0,25
0,25
0,25
0,25
        1,5
2.
·         Melakukan panggilan dengan cara speed dialing, dengan cara:
a.       gagang telepon diangkat, atau dengan cara menekan tombol peaker phone;
b.       setelah itu tekan tombol auto memory;
c.       kemudian tekan kode telepon yang dituju;
d.      setelah tersambung baru lakukan pembicaraan;
e.       setelah pembicaraan selesai, letakkan gagang telepon atau tekan tombol speaker phone.
Jumlah

0.5

0,25
0,25
0,25
0,25

       1,5
3.
·         Tombol-tombol telepon dengan fungsinya.
a.       Tombol LNR {Last Number Redial), tombol ini berfungsi untuk memutar kembali nomor terakhir yang kita tuju.
b.      Tombol Flash, tombol ini berfungsi untuk mendapatkan pilihan nada.
c.       Tombol Hold, tombol ini berfungsi untuk menunda pembicaraan tanpa menutup telepon atau memutuskan hubungan. Bisa juga digunakan untuk menghubungkan antara penelpon yang satu dengan yang lain.
d.      Kartu memory, tombol ini berfungsi untuk mencatat nomor telepon yang telah disimpan dalam speed dialing.
Jumlah

0,5

0,5

0,5



0,5

        2,0
4.
·         Yang perlu dicatat jika tamu janji temu adalah :
a.       tanggal dan waktu menelephone
b.      identitas penelepone
c.       tanggal dan waktu perjanjian
d.      yang dituju penelepone
e.       masalah yang akan dibicarakan
f.       tempat janji temu
Jumlah

0,25
0,25
0,25
0,25
0,25
0,25
         1,5

5.
·         Mencatat pembicaraan dapat dilakukan dengan cara:
a.       mencatat semua pembicaraan,
b.      Mencatat pokok pembicaraan, dan
c.       menyingkat kalimat.
Jumlah

0,5
0,5
0,5
         1,5
6.
·         Prosedur perawatan telepon dan pelaporan kerusakan telepon meliputi hal-hal sebagai berikut. :
a.       Bersihkan pesawat telepon setiap hari dengan menggunakan pengelapnya
b.      Letakkan gagang telepon dengan benar sehingga jika ada telepon yang masuk dapat diketahui.
c.       Sediakan kartu perawatan atau perbaikan.
d.      Lakukan pemeriksaan kabel penyambung telepon ke sentral /kotak telepon.
e.       Jika telepon mati atau ada kerusakan hubungi bagian teknisi peralatan di perusahaan.
f.       Teknisi perusahaan setelah mencoba memperbaikinya dan tidak diketahui solusinya, maka segera hubungi petugas telekomunikasi terdekat.
Jumlah


0,5

0,5

0,5
0,5

0,5

0,5

2,0

Jumlah skor akhir
10

Soal Unjuk Kerja.
Guru sebagai penelpon dan siswa sebagai operator dengan penilaian
1.      Instrumen Penilaian skill
No.
Aspek ketrampilan yang dinilai
SKOR
1
Etika dalam menjawab Telephon
1    2   3   4   5
2.
Kejelasan Menjawab Telepon
1    2   3   4   5
3.
Kejelasan dalam memberikan informasi
1    2   3   4   5
4.
Etika mengulang dan mencatat informasi
1    2   3   4   5
5.
Ketepatan dalam menulis dalam LPT
1    2   3   4   5

Keterangan :
1.      KURANG SEKALI
2.      KURANG
3.      CUKUP
4.      BAIK
5.      BAIK SEKALI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar